ANALISA HASIL SURVAILENS HAIs (Healthcare Associated Infections)

Tahun 2018

 

HAIs (Healthcare Associated Infections) merupakan merupakan suatu infeksi yang dialami oleh pasien selama dirawat di pelayanan kesehatan dan menunjukkan gejala infeksi baru dan bukan dalam masa ingkubasi termasuk penyakit yang diderita karena pekerjaan. Kejadian HAIs banyak dihubungkan dengan pemasangan alat, seperti CAUTI (Catheter Associated Urinary Tract Infection), VAP (Ventilator Associated Pneumonia), CRBSI (Catheter (IV, Central) Related Blood Stream Infection) dan IDO (Infeksi Daerah Operasi) karena tindakan insisi serta plebitis.

Surveilans infeksi terkait pelayanan kesehatan (Health Care Associated Infections/HAIs) adalah suatu proses yang dinamis, sistematis, terus menerus dalam pengumpulan, identifikasi, analisis dan interpretasi data kesehatanyang penting di fasilitas pelayanan kesehatan pada suatu populasi spesifik dan didiseminasikan secara berkala kepada pihak-pihak yang memerlukan untuk digunakan dalam perencanaan, penerapan, serta evaluasi suatu tindakan yang berhubungan dengan kesehatan.

Kegiatan surveilans HAIs merupakan komponen penunjang penting dalam setiap program pencegahan dan pengendalian infeksi. Informasi yang dihasilkan oleh kegiatan surveilans berguna untuk mengarahkan strategi program baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pada tahap evaluasi.Dengan kegiatan surveilans yang baik dan benar dapat dibuktikan bahwa program dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

 

Tujuan Surveilans Hais (Healthcare Associated Infections).

1) Tersedianya informasi tentang situasi dan kecenderungan kejadian HAIs di RSUD Raden Mattaher Jambi dan faktor risiko yang mempengaruhinya.

2) Terselenggaranya kewaspadaan dini terhadap kemungkinan terjadinya fenomena abnormal (penyimpangan) pada hasil pengamatan dan dampak HAIs di RSUD Raden Mattaher Jambi .

3) Terselenggaranya investigasi dan pengendalian kejadian penyimpangan pada hasil pengamatan dan dampak HAIs di RSUD Raden Mattaher Jambi .

 

Berikut Grafik Analisa Hasil SURVAILENS HAIs (Healthcare Associated Infections) di RSUD Raden Mattaher Jambi  Tahun 2018

 

 

 

Sumber : Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RSUD Raden Mattaher Jambi, 2018