PELAYANAN HEMODIALISIS CENTRE 

Kepala :  dr. Hasan Basri Sp.PD, KGH

Informasi : Telp. (0741) 61692, 61694, 63394, 62364  Fax. (0741) 60014

 

Unit Hemodialisis Centre  RSUD Raden Mattaher adalah salah satu unggulan yang didirikan pada 1 maret 2008 dengan jumla 2 mesin  hemodialisis.  Dibawah pimpinan staf klinisi SMF Penyakit Dalam RSUD Raden Mattaher Jambi berturut turut yaitu dr. Bambang Sutopo Sp.PD,  dr Jufri Makmur Sp.PD,  dr. Rianita Juniarti Sp. PD dan   dr Eryasni Sp.PD untuk memberikan pelayanan hemodialisis(cuci darah) terhadap pasien rawat inap maupun rawat jalan di RSUD Raden Mattaher Jambi.

Sejak tanggal  1 maret 2016 unit hemodialisis berubah menjadi  Instalasi Hemodialisis yang dipimpin oleh dr. Hasan Basri Sp.PD KGH dan pada tanggal 16 april 2018 pelayanan hemodialisis dikembangkan menjadi 33 mesin hemodialisis. Di samping pelayanan hemodialisis dikembangkan juga pelayanan Ginjal Hipertensi dan Pelayanan continuos Ambulatory Peritoneal Dialisis(CAPD).

 

1. LAYANAN HEMODIALISIS

Pelayanan Hemodialisis di RSUD Raden Mattaher Jambi telah mengalami banyak perkembangan. Total sebanyak 33 mesin hemodialisis dengan jumlah pasien cuci darah sebanyak 180 -200 pasien dilayani setiap minggunya. Layanan hemodialisis RSUD Raden Mattaher ditunjang sumber daya manusia yang berkualitas, dokter ahli ginjal dan hipertensi, dokter umum yang tersertifikasi Penefri dan perawat terserfikasi Pernefri, dan juga ditunjang pemeriksaan darah lengkap  secara berkala,  pemeriksaan kadar hemoglobin setiap bulan dan disiplin ilmu dan peralatan yang terstandarisasi dan fasilitas yang lengkap.

Penatalaksanaan pasien gagal ginjal dilakukan secara menyeluruh, dengan melibatkan ahli gizi, terkait. Layanan hemodialisis yang dikerjakan di RSUD Raden Mattaher Jambi telah memenuhi standara pelayanan yang ditetapkan oleh kolegium PERNEFRI  sehingga adekuasi dialisis dapat dicapai dan menjamin kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang lebih baik.

 

2. LAYANAN CAPD (Continuous Ambulatory Peritoneal Dialisis)

Continuous Ambulatory Peritoneal Dialisis(CAPD) adalah salah satu terapi pengganti ginjal selain Hemodialisis (cuci darah). Saat ini CAPD menjadi salah satu layanan unggulan untuk gangguan ginjal. Modalitas terapi CAPD memungkinkan pasien gagal ginjal menjadi lebih aktif dan mandiri, dengan didukung oleh dokter ahli dan perawat khusus. Layanan ini belum dimiliki oleh banyak pusat dialisis di Indonesia.

 

TIM DIALISIS (HEMODIALISIS DAN CAPD)

  1. dr. Hasan Basri Sp.PD, KGH
  2. dr. Agnes Lauralay

 

Fasilitas yang ada di Instalasi Hemodialisis.

  1. Ruang Hemodialisis

Ruang Hemodialisis RSUD Raden Mattaher terdiri dari 33 mesin Hemodialisis. Melayani lebih dari 100 pasien gagal ginjal yang memerlukan cuci darah rutin. Alat hemodialisis adalah suatu alat yang dilengkapi dengan ginjal buatan (hollow fiber) yang berfungsi untuk menggantikan fungsi ginjal dalam membuang sampah nitrogen dan cairan yang berlebihan dari dalam tubuh. Instalasi Hemodialisis mempunyai ruangan khusus sebagai berikut:

a.    Ruangan Hemodialisis dengan tekanan negatif.

Ruangan hemodialisis untuk pasien infeksi airborne. Ruang hemodialisis ini digunakan khusus untuk melayani tindakan hemodialisis pada pasien dengan penyakit infkesi saluran pernafasan, yang dapat berpotensi menularkan penyakitnya melalui udara, seperti penyakit tuberculosis.

b.    Ruang Hemodialisis dengan pasien Hepatitis B.

Ruangan hemodialisis adalah digunakan khusus untuk melayani pasien yang terinfeksi Hepatitis B.

 

2. Poliklinik Ginjal Hipertensi

Poliklinik ginjal dan hipertensi melayani pasien di jam pelayanan pada hari kerja. Poliklinik ini berada dalam satu gedung di Instalasi Hemodialisis RSUD Raden Mattaher Jambi.

 

  1. Poliklinik CAPD

CAPD merupakan suatu metode alternatif bagi penderita gagal ginjal untuk dapat melakukan cuci darah sendir di rumah tanpa menggunakan mesin cuci darah. Untuk pasien yang mengggunakan metode ini, terlebih dahulu harus menjalani operasi pemasangan kateter/selang dalam rongga perut. Fungsi kateter ini adalah sarana lewatnya cairan yag dimasukkan dan dikeluarkan untuk membuang sisa zat metabolisme dalam darah dan cairan yang berlebihan . Proses penyaringan di perut menggunakan media berupa selaput membrane di dalam rongga perut yang dinamakan membran peritoneum.

 

  1. Ruang Tindakan CAPD

Ruang tindakan CAPD melayani tindakan yang rutin dilakukan secara periodik pada pasien CAPD, seperti penggantian cairan, penggantian transfer set, maupun tindakan lain seperti pemeriksaan PET(peritoneal equilibration test).

 

  1. Ruang Edukasi dan Konsultasi

Pelayanan unggulan dari Instalasi Hemodialisis adalah pelayanan konsultasi dan edukasi.Layanan ini memberikan kesempatan kepada pasien untuk dapat berkonsultasi dengan dokter ahli di bidang kesehatan lain seperti layanan konsultasi gizin klinik(dengan ahli gizi) maupun layanan konsultasi lainnya.Seluruh layanan ini bertujuan untuk memberikan layanan yang paripurna ke pasien sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dengan lebih baik lagi.

 

  1. Ruang Pertemuan.

Dalam meningkatkan mutu dan tingkat pengetahuan petugas hemodialisis maka setiap bulan nya dijadwalkan untuk presentasi kasus sulit yang dipimpin oleh dr. Hasan Basri Sp.PD KGH.

 

Sumber : Instalasi Hemodialisis RSUD Raden Mattaher Jambi, 2018