Penyuluhan Kesehatan tentang ” Nyeri Punggung Bawah “

Punggung kita berhubungan dengan bagian tubuh yang lain yaitu : leher, bahu, dada, perut dan panggul. Semua bagian tubuh tersebut membentuk postur tubuh. Bila kita tidak dapat mempertahankan postur tubuh yang baik dalam keadaan berdiri, duduk, maupun berbaring, akan dapat menimbulkan Nyeri Punggung Bawah ( NPB ) atau yang dikenal dengan istilah Low Back Pain ( LBP ).
LBP adalah gejala, bukan diagnosa
Siapa saja yang bisa terkena LBP ?
* 50 % – 80 % pada orang dewasa
* wanita : pria = 1 : 1
* wanita usia > 60 tahun
* pekerjaan yang menimbulkan nyeri ( posisi sikap bekerja yang salah )
Nah…untuk lebih jelasnya dan untuk mencegah terjadinya NPB, Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilasi Medis RSUD Raden Mattaher Jambi : dr. Lailan, Sp.KFR bekerjasama dengan Promosi Kesehatan Rumah Sakit ( PKRS ) mengadakan penyuluhan kesehatan dengan Tema ” Nyeri Punggung Bawah ”

dr. Lailan, Sp.KFR
Nyeri Punggung Bawah merupakan sindroma atau kumpulan gejala yang ditandai dengan :
@ adanya rasa nyeri pada tulang punggung bawah mulai dari tulang rusuk sampai pangkal paha
@ rasa nyeri bersifat lokal atau menjalar atau gabungan dari keduanya
@ nyeri bisa menjalar mulai dari tulang punggung bawah sampai ke tungkai dan jari kaki
Faktor-faktor yang mempengaruhi NPB : Adanya gangguan pada otot, tulang, syaraf, pembuluh darah ; Adanya gangguan pada organ dalam perut ; Adanya masalah psikis/psikologis.
Penyebab NPB : Trauma (patah tulang, tulang bergeser, keseleo) ; Proses regenerasi oleh karena usia (pengapuran tulang, tulang belakang bergeser) ; proses radang (rematik) ; Proses metabolik (tulang keropos) ; Proses keganasan (bawaan lahir, tulang belakang bengkok) ; Gangguan pada organ dalam perut ; Gangguan pada kandung kemih ; Kelainan pembuluh darah ; Ada riwayat pernah operasi tulang belakang.
PENTING !!
A. Bendera Merah : Kondisi NPB serius dan dapat membahayakan : Adanya kelemahan pada tungkai bawah ; Penurunan rasa pada tungkai bawah ; Tidak bisa buang air kecil ; Penurunan berat badan drastis dan mendadak ; Demam ; Usia < 20 tahun / Usia 50 tahun ; Nyeri tidak berkurang pada malam hari ; Nyeri memberat saat berbaring posisi terlentang.
B. Bendera Kuning : Keadaan yang memperpanjang nyeri: Kondisi bekerja yang salah ; Gejala menetap > 3 bulan ; Hanya bisa tidur < 6 jam / malam oleh karena nyeri ; Masalah psikis ; Pernah mengalami nyeri punggung dan berulang kembali.
Jika terdapat keluhan di atas….Ayo saatnya ke Rehabilitasi Medis Pasien akan ditangani oelh Tim Rehabilitasi Medis yang terdiri dari Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Fisioterapi, Terapi Okupasi, Perawat Rehabilitasi Medis, Psikologis.
Penanganan Komprehensif di Rehabilitasi Medis :
1. Edukasi posisi dan postur yang benar saat beraktifitas dan bekerja
2. Obat-obatan
3. Pemberian Alat Modalitas : Tens, Traksi Lumbal, Manual Terapi, Terapi Latihan, Terapi pemanasan dengan gelombang ultrasonik
4. Penggunaan korset tulang belakang yang sesuai
5. Latihan gerak tubuh yang bisa mengurangi nyeri punggung bawah
PERHATIAN !!! Penggunaan korset tulang belakang jangka panjang dan terus menerus dapat menyebabkan otot punggung mengecil sehingga risiko nyeri akan bertambah berat !

Oleh :
Tresna Yanti, SKM
Promosi Kesehatan Rumah Sakit ( PKRS ) RSUD Raden Mattaher Jambi