Penyuluhan Kesehatan tentang ” Pencegahan Penyakit Jantung ” dalam Rangka Memperingati Hari Jantung Sedunia setiap tanggal 29 September oleh Tim PERKI Cabang Jambi

Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia setiap tanggal 29 September, KSM Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Raden Mattaher Jambi yang tergabung dalam Tim PERKI Cabang Jambi bekerjasama dengan Promosi Kesehatan Rumah Sakit ( PKRS ), mengadakan penyuluhan kesehatan pada Hari Selasa tanggal 01 Oktober 2019 jam 09.00 WIB di Ruang Tunggu Poliklinik RSUD Raden Mattaher Jambi dengan Tema ” Penyakit Jantung Koroner dan Pencegahannya ” dengan narasumber dr. Imelda Christina, Sp.JP, FIHA.

dr. Imelda Christina, Sp.JP

Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah gangguan fungsi jantung akibat otot jantung kekurangan darah karena adanya penyempitan pembuluh darah koroner. Pada waktu jantung harus bekerja lebih keras terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan dan asupan oksigen, hal inilah yang menyebabkan nyeri dada. Kalau pembuluh darah tersumbat sama sekali, pemasokan darah ke jantung akan terhenti dan kejadian inilah yang disebut dengan Serangan Jantung.
ADA 6 CARA PENCEGAHAN PENYAKIT JANTUNG !
1. RUTIN MEMERIKSAKAN DIRI : Lakukan pemeriksaan rutin terkait kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.
2. KONSUMSI MAKANAN SEHAT : Perbanyak konsumsi buah, sayuran, gandum, dan lemak omega-3. Batasi konsumsi daging merah, serta hindari makanan tinggi gula, lemak, kolesterol, dan garam.
3. LATIHAN ATAU OLAHRAGA RUTIN : Selain membantu menjaga kesehatan, latihan rutin selama 30-60 menit sehari dapat membantu mengontrol tekanan darah, serta kadar kolesterol dan gula darah.
4. JAGA BERAT BADAN IDEAL : Berat badan berlebih atau obesitas, dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung.
5. BERHENTI MEROKOK : Rokok adalah faktor risiko utama penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner.
6. KELOLA STRES DENGAN BAIK : Stres dalam jangka panjang dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Oleh karena itu, kurangi stres dengan menjalani aktifitas fisik. Antusias audiens bertanya tentang penyakit jantung

Dokter-dokter Spesialis Jantung yang tergabung dalam Tim PERKI Cabang Jambi
SELAMAT HARI JANTUNG SEDUNIA SAYANGI “JANTUNGKU JANTUNGMU”

Oleh :
Tresna Yanti, SKM
Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Raden Mattaher Jambi